Asuransi Astra Deklrasikan Revolusi Digital

0
420

Yogyakarta, 22 April 2016; Asuransi Astra telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tahun 2016 (RUPST 2016) untuk tahun buku 2015 di Jakarta pada 13 April 2016. Salah satu hasil penting RUPST 2016 adalah dikukuhkannya strategi perusahaan dan dideklarasikannya tahun 2016 sebagai tahun “Going Mobile” untuk Asuransi Astra. Strategi Going Mobile ini adalah perwujudan visi Asuransi Astra untuk memberikan Peace of Mind kepada jutaan pelanggannya dengan beradaptasi dan merevolusi proses bisnis utamanya melalui inovasi digitalisasi layanan berbasiskan mobile computing technology.

Sebagai langkah awal revolusi digital, pada 22 April ini Asuransi Astra meluncurkan kembali website asuransiastra.com yang tampil lebih dinamis, simpel, dan elegan. Berbagai pengembangan dan perbaikan terus dilakukan, di antaranya pada desain user interface (UI), user experience (UX), dan penggunaan responsive web design yang memungkinkan tampilan website selalu fit meski diakses melalui perangkat digital yang berbeda. Performa asuransiastra.com kini juga semakin optimal dengan adanya peningkatan fitur portal Garda Marine yang memungkinkan pelanggan asuransi komersial untuk membuat cover note atau sertifikat pengiriman kargo secara mandiri.

Selain itu, untuk memperluas dan mempercepat penyebaran informasi, artikel yang ada di asuransiastra.com seperti lowongan pekerjaan dan berita terkini sudah diintergrasikan ke media sosial. Kecepatan penerimaan informasi juga didukung dengan adanya fitur yang memungkinkan penawaran yang dibuat pelanggan melalui website akan secara otomatis terhubung ke aplikasi internal, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan layanan ini.

Santosa, CEO Asuransi Astra memandang “Going Mobile” bukan hanya strategi perusahaan, tapi juga komitmen yang harus diwujudkan oleh seluruh tim Asuransi Astra. Untuk itu, masih di bulan April ini, secara institusi telah diluncurkan akun twitter @snt4online sebagai akun resmi CEO Asuransi Astra untuk publik.”Beradaptasi dengan perubahan teknologi digital bukan lagi pilihan, namun keharusan. Dengan mendeklarasikan komitmen “Going Mobile” saya sadar bahwa kami tidak bisa lagi berlindung di balik tembok institusi dan birokrasi. Sebagai bentuk pertanggungjawaban dan komitmen saya atas pilihan arah dan strategi bisnis inilah akun twitter @snt4online dibuat. Lewat @snt4online, saya siap berinteraksi langsung dengan masyarakat dan pelanggan, karena salah satu tugas CEO adalah mendengarkan keluhan dan memastikan keluhan yang sama tidak akan terjadi lagi,” ujar Santosa.

Revolusi digital ini telah dipersiapkan sejak beberapa tahun sebelumnya dengan meluncuran berbagai aplikasi yang digunakan secara internal maupun eksternal, seperti Garda Mobile Otocare, Garda Mobile HRakses, Garda Mobile Otosales, Garda Mobile Otosurvey, dan website gomitra.com untuk mitra-mitra keagenan Garda Oto. Berbagai aplikasi ini ditujukan untuk memberikan layanan terbaik dan peace of mind bagi pelanggan. OtoCare menawarkan kemudahan yang dapat diunduh secara gratis melalui Google PlayStore dan iOS App Store. Bahkan beberapa fiturnya dapat dinikmati oleh nonpelanggan Asuransi Astra sekalipun. HRakses ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pata pengelola sumber daya manusia di perusahaan peserya Garda Medika dalam mengakses informasi kepesertaan, manfaat, klaim, dan informasi Garda Mediak lainnya. Otosales dan Otosurvey adalah aplikasi internal yang dibuat untuk mempercepat layanan bagi pelanggan. Hingga kini, berbagai aplikasi ini terus dikembangkan agar semakin simple, reliable, dan memorable. Lebih lanjut Santosa menjelaskan, “Adanya revolusi digital bukan hanya berarti bertransformasinya seluruh proses bisnis Asuransi Astra, tapi revolusi digital ini juga upaya kami untuk terus aktif menginovasikan layanan agar semakin dekat dengan pelanggan kami,” tutupnya.

Tentang Asuransi Astra

Asuransi Astra telah hadir melayani pelanggan selama lebih dari setengah abad, tepatnya sejak 12 September 1956. Perusahaan yang dikenal dengan produk asuransi kendaraan bermotor Garda Oto ini hadir melayani pelanggan melalui jaringan layanan yang tersebar di 27 kantor cabang, serta unit layanan dan Garda Center yang terus berkembang. Selain asuransi kendaraan bermotor, produk lain dari Asuransi Astra adalah asuransi industri pertambangan, asuransi industri agribisnis, asuransi ruko, asuransi SPBU, asuransi syariah, asuransi kesehatan Garda Medika, dan lain-lain.

Pada 2015, Asuransi Astra berhasil membukukan Premi Bruto (GWP) sebesar Rp.4,4 triliun, dengan laba bersi sebesar Rp. 900 milyar.

Kinerja Asuransi Astra selam ini pun telah diakui dengan berbegai penghargaan yang telah diterima, diantaranya : Platinum – Indonesia Best Brand Award (2002-2015), Top Brand Award (2007-2016), Service Quality Award (2007-2015), Corporate Image Award (2007-2015), Diamond – Indonesian Customer Satisfaction Award (2001-2015), Startegy Into Performance Execution Excellence Award (2014-2015), Asuransi Umum dengan kinerja keuangan sangat bagus dalam Infobank Insurance Award (2008-2015), Excellent Service Experience Award (2013-2016), Contact Center Award (2013-2016), Social Media Award (2012), Investor Best Syariah Award (2014), WOW Brand Award (2014-2015), dan lain-lain.

Dengan dukungan cabang dan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, layanan terbaik dan sederet pencapian prestasi tersebut, tentunya tidak menghentikan langkah inovasi Asuransi Astra melalui produk-produk yang terbangun dari semangat baru Asuransi Astra untuk selalu memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi setiap pelanggan. Karenanya, Asuransi Astra akan menginvestasikan waktu dan upaya agar Anda selalu tersenyum. “Peace of mind to millions” adalah hasil yang akan Asuransi Astra berikan kepada setiap pelanggan.

Picture - Asuransiastracom(2) Picture - Santosa Going Mobile Picture - snt4online

Author

Total 0 Votes
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here